komentar-komentar di sebuah toko buku

Barusan saya pergi ke sebuah toko buku di Bandung setelah sekian lama. Ini komentar-komentar saya selama di sana sambil membolak-balik setiap judul untuk membaca ringkasannya pada bagian belakang buku.

Ini kenapa novel-novel hampir semuanya berplot sama? Masih tentang pria mencari wanita atau sebaliknya?

Kok makin banyak aja ya novel-novel yang punya plotnya di kota nun jauh sana. Paris, Venice, Seoul?

Hmm, oke. Musim ini di sana, musim itu di situ, musim selainnya di tempat yang lain terus di tiap musim ada cerita yang juga masih seperti ini?

Ini apakah saya yang terlalu tua atau bagaimana? Kok hampir tidak ada yang menarik selain komik tentang ninja atau kung fu?

Nah, novel misteri.

Dude, seriously?

Kok bisa buku-buku yang bagus munculnya di tempat sebelah yang menjual buku-buku yang bagus dengan harga lebih murah karena peminatnya sedikit?

Rupanya selera saya berbeda dengan orang kebanyakan. Buku-buku yang ditulis ‘best-seller‘ ternyata tidak banyak yang menarik.

Kesimpulannya adalah saya berbeda dengan orang-orang penikmat buku lainnya. Selera saya bukan buku-buku bersampul bagus, berwarna-warni, atau berjudul dengan jenis huruf yang meliuk-liuk. Satu-satunya jenis buku yang menurut saya menarik di sana adalah komik silat atau kung fu yang sudah ada sejak dulu dan sekarang dibuat lagi dengan grafik yang lebih bagus. Seorang teman saya berkata seperti ini:

Buku bagus ketemunya di tempat buku murah karena peminatnya sedikit. Buku bagus ketemunya di tempat penjual buku bekas. ….

Saya respon kurang lebih seperti ini:

Rupanya selera kita berbeda dengan buku-buku populer masa sekarang.

Memang, mencari buku bacaan yang menarik itu tidak mudah.

Author: anwari

stay low and keep your head down

Leave a Reply

